Sahabat Daihatsu, Tahukah Anda Kalau Ini Hal yang Dapat Menyebabkan Kopling Mudah Rusak

Sahabat Daihatsu, Tahukah Anda Kalau Ini Hal yang Dapat Menyebabkan Kopling Mudah Rusak

Mobil dengan transmisi otomatis semakin marak ditemui. Penggunaannya yang praktis menjadi alasan mobil ini kian banyak digunakan. Akan tetapi, penggunaan mobil bertransmisi manual masih sering digunakan karena harganya yang lebih murah dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Pada mobil bertransmisi manual, keberadaan kopling sangat penting dalam membantu perpindahan percepatan mobil Sahabat. Kopling juga berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi agar mobil Sahabat tetap berjalan dengan mulus.

Kopling memiliki beberapa komponen penting, seperti Pedal Kopling, Kampas Kopling, Kabel Kopling, Matahari atau Plendes, dan Druk Laher. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut, maka mobil Sahabat tidak dapat berjalan dengan baik.

Kebiasaan Sahabat dalam mengendarai mobil juga menentukan cepat rusak atau tidaknya komponen kopling. Kopling mobil Sahabat mudah rusak? Berikut kebiasaan buruk dalam berkendara yang dapat menyebabkan kopling mobil mudah rusak.

1. Melepas dan Menginjak Kopling dengan Kasar

Hal pertama yang menyebabkan kopling mobil Sahabat mudah rusak adalah kebiasaan kasar dalam menginjak dan melepas kopling dengan kasar dapat menyebabkan kopling mobil Sahabat mudah rusak.

Hal ini disebabkan, saat melepaskan pedal kopling transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling. Untuk itu, Sahabat harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

2. Injakan Setengah Kopling

Tahu nggak, sih, Sahabat? Bahwa kebiasaan menginjak setengah kopling seperti saat macet dan berada di tanjakan juga menyebabkan kopling berbau menyengat pada saat diinjak setengah dan mempercepat kerusakan pada kopling.

Jadi, coba deh hilangkan atau minimal kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan menginjak setengah kopling supaya mobil Sahabat tidak mudah rusak.

3. Terlalu Sering Menginjak Kopling

Menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan juga dapat mempercepat kerusakan kopling. Pasalnya, kebiasaan tersebut menyebabkan bantalan rilis dan plat kopling lebih mudah aus. Sahabat harus lebih memastikan untuk tidak selalu menginjak kopling pada saat berkendara. Terutama pada saat di tanjakan dan kemacetan.

4. Menggantung Pedal Kopling

Ketika jalan menanjak dan macet, biasanya Sahabat sering menggantung pedal kopling. Hal ini akan menyebab gesekan pada kanvas kopling dan mengakibatkan kopling cepat aus. Jadi, Sahabat harus memperhatikan untuk tidak selalu menggantung pedal kopling agar mobil tidak mudah rusak.

5. Posisi Gigi Transmisi Tidak Sesuai dengan Percepatan Mobil

Kebiasaan menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan percepatan mobil juga dapat mempercepat masalah kerusakan kopling. Misalnya, posisi gigi transmisi berada di gigi satu, akan tetapi kecepatan mobil berada di 30 km/jam. Untuk itu, Sahabat harus lebih menyesuaikan posisi gigi transmisi dengan kecepatan mobil.

Sahabat Daihatsu, Ini Cara Yang Benar Memilih Ban Mobil

Sahabat Daihatsu, Ini Cara Yang Benar Memilih Ban Mobil

Kalau nggak ada ban, pastinya mobil kesayangan nggak bisa melaju dong guys. Hehehe… nah, selain itu ban mobil juga berperan penting untuk mengecek penyebab kecelakaan lalu lintas lho! Namun, banyak juga nih ban menjadi permasalahan utama dari sebuah kecelakaan. Untuk itu, kita wajib nih berhati-hati untuk memilih ban yang tepat pada mobil kesayangan.

Berikut mimin bakal ngasih tau nih, apa aja tips memilih ban? Yuk, cek poin-poin berikut ini :

  • Pastikan kamu memahami ban yang akan dipilih. Biasanya setiap pabrik ban memiliki dapur dan bahan tersendiri dalam pembuatan ban radial dan bias. Perbedaan tersebut biasanya terletak pada kontruksi di salam ban.
  • Perhatikan diameter pelek mobil, di sini kamu bisa memilih ban mobil yang sesuai. Karena ukuran pelek wajib disesuaikan dengan ban, karena pemilihan ban yang tidak tepat dengan pelek dapat membuat mobil semakin lambat dan boros.
  • Setiap ban memiliki kekuatan yang berbeda-beda untuk mengangkat ban, untuk itu sebaiknya kamu tetap memperhatikan kemampuannya. Jangan khawatir, karena setiap pabrik ban akan memberitahu mengenai maksimal beban yang mampu diangkat oleh ban yang dipilih.
  • Jangan hanya memilih murah dan sebagai gaya untuk memilih ban yang akan digunakan untuk mobil kesayangan kamu guys! Pastikan alur desain ban sejalur yang dapat digunakan di saat hujan. Langsung tanyakan penjual mengenia desain yang ingin digunakan.

Nah, pastikan kamu selalu memilih ban yang tepat untuk mobil kesayangan. Selamat mencoba ya

Sahabat Daihatsu, Ini Alasannya Kenapa Ketika Masuk Mobil Jangan Langsung Nyalain AC

Sahabat Daihatsu, Ini Alasannya Kenapa Ketika Masuk Mobil Jangan Langsung Nyalain AC

Ini adalah hal penting yang nggak boleh kamu abaikan sebagai seorang pemilik mobil, ataupun orang yang numpang mobil temen. Emang sih, kota-kota di Indonesia saat ini panas banget, apalagi kalau udah musim kemarau. Masuk mobil berasa kayak masuk oven.

Eits, tapi kamu jangan langsung nyalain AC ya! Udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil yang ‘ngelekep’ bisa menimbulkan udara yang menyebabkan kanker loh kalau dihirup.

Mau naik mobil? OK silahkan, tapi buka dulu semua kaca, lalu nyalain AC selama beberapa menit, silahkan jalan, baru kemudian jendelanya ditutup setelah beberapa menit.

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu diantaranya adalah Benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan Leukemia, menambah resiko penyebab kanker loh!

Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil.Tingkat Benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg Benzene. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat Benzena bisa naik hingga mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat Benzena yang bisa ditoleransi!

Kalau kamu terbiasa langsung naik mobil tanpa membuka jendela, mau nggak mau kamu bakal menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh. Entah benar karena Benzena atau nggak, ada beberapa keluhan orang yang katanya malah mengantuk, pusing, atau bahkan lemas setelah langsung menghidupkan AC. Padahal, hal-hal inilah yang bisa jadi penyebab kecelakaan di jalanan.

Jadi sebelum kamu nyalain AC mobil, biasakan kamu selalu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar kira-kira 5 menit. Kalau nggak mau repot, kamu bisa membuka kaca mobilmu sedikit saat parkir, atau carilah tempat parkir di tempat yang teduh dan tak terkena paparan sinar matahari langsung. Benzene adalah racun yang bisa mempengaruhi ginjal dan hati, dan sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut.

Bagikan informasi ini ke semua keluarga dan temanmu tercinta, supaya mereka bisa terhindar dari paparan udara beracun ini terus menerus. Membantu share issue ini berarti kamu juga peduli dengan kesehatan mereka.

Sahabat Daihatsu,  Ini Penyebab Mobil Anda Boros Bensin

Sahabat Daihatsu, Ini Penyebab Mobil Anda Boros Bensin

Kendaraan yang sering digunakan bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.

Produsen mobil saat ini berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang hemat konsumsi bensin. Hal itu didukung oleh tolak ukur konsumen yang cenderung membeli mobil dengan pertimbangan hemat konsumsi bensin.

Kendaraan yang sering digunakan secara terus menerus bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Berikut ini beberapa faktor yang membuat masalah ini terjadi.

Kotornya Filter Udara

Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

Ada Kerak di Ruang Mesin

Selain kebersihan filter udara, kamu juga harus mengcek kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Tersumbatnya Lubang Nozzle Injektor

Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil kamu.

Ausnya Piston dan Ring Piston

Bila piston dan ring piston terkikis maka kompresi kendaraan pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.